Pembahasan mengenai 'Gameplay' dalam serial game Doom

Oleh : ftrrahman | 2022-04-14 14:49:09

Pemain bermain sebagai marinir luar angkasa. Entitas tersebut memiliki berbagai atribut, seperti posisi di peta, kesehatan, dan item yang dimiliki yang bervariasi sesuai dengan tindakan pengguna dalam level game. Karena permainan ini dimainkan dari sudut pandang orang pertama, seorang pemain tidak melihat sprite-nya di bagian utama layar, kecuali satu atau dua tangan ketika senjata tertentu dipilih atau digunakan. Karena setiap karakter, termasuk pemainnya terbuat dari sprite, pemain tidak bisa melihat senjata asli pemain lain. Sprite pemain terlihat seperti marinir ruang angkasa lapis baja hijau, memegang senapan serbu dan mengenakan helm.
Dalam Doom dan Doom II, pemain adalah singkatan dari marinir tangguh pertempuran yang tidak disebutkan namanya yang dikirim ke Mars untuk respons kekerasan terhadap komandan yang tidak bertanggung jawab (lihat protagonis Doom), sementara di game berbasis mesin Doom lainnya, itu adalah karakter tertentu yang sesuai dengan latar belakang cerita yang sesuai. .
Dalam permainan Doom, wajah pemain ditampilkan di bilah status, di mana itu mencerminkan kesehatan karakter (menjadi semakin berdarah saat kesehatan pemain turun) dan bereaksi terhadap peristiwa seperti diserang, menginjak lantai yang merusak, atau menemukan senjata atau power-up.
Pemain bergerak sebagai respons terhadap keyboard, mouse, atau joystick dengan kecepatan berjalan atau kecepatan berlari. Kecepatan maju atau mundur agak lebih tinggi daripada kecepatan menyamping; gerakan-gerakan ini dapat digabungkan secara menguntungkan melalui straferunning. Kecepatan putar maksimum dengan mouse dapat disesuaikan oleh pengguna, meskipun dapat memicu bug dalam sistem menu jika disetel sangat tinggi. Pemain adalah karakter tercepat dalam permainan. Anda dapat berlari lebih cepat dari semua karakter lain di Doom.
Dalam permainan multipemain, pemain lain muncul sebagai marinir dengan seragam dan baju besi berwarna berbeda. Dalam game Doom warnanya hijau, nila (abu-abu), coklat, dan merah, meskipun berbagai port sumber mengizinkan lebih banyak pilihan warna, dan terkadang lebih dari empat pemain dalam satu game. Sprite untuk pemain ditampilkan dalam setelan hijau; untuk menggambar pemain lain, mesin rendering memetakan ulang nuansa hijau ke nuansa warna yang sesuai.
Tags : Gameplay, Doom