: 2024-05-18

Puasa 2024 Kapan: Penetapan Awal Ramadan Indonesia

Admin Friday 01 March 2024, 16:26 WIB

Dalam beberapa waktu mendatang, umat Islam di Indonesia akan memasuki bulan suci Ramadan. Ramadan, selain sebagai bulan ibadah, juga identik dengan keberkahan dan refleksi mendalam. Menariknya, penetapan awal Ramadan seringkali menjadi pembahasan yang dinantikan, karena berbagai lembaga seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan pemerintah memiliki pendekatan yang berbeda dalam menentukan hari pertama puasa.

Awal Ramadan versi Muhammadiyah pada 2024

Muhammadiyah, sebagai salah satu organisasi Islam terkemuka di Indonesia, memiliki pendekatan tersendiri dalam menentukan awal bulan Ramadan. Menurut Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, awal bulan Ramadan tahun 2024 dijadwalkan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Penetapan ini didasarkan pada metode hisab hakiki wujudul hilal, yang menjadi acuan Majelis Tarjih dan Tajdid.

Surat keputusan yang mengatur penetapan awal Ramadan ini mencatat bahwa pada hari Ahad, 29 Syakban 1445 H, yang bersamaan dengan 10 Maret 2024, terjadi ijtimak menjelang Ramadan 1445 H pada pukul 16:07:42 WIB. Pada saat matahari terbenam di Yogyakarta, tinggi bulan menunjukkan bahwa hilal sudah wujud, kecuali di wilayah tertentu seperti Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya. Dengan pendekatan ini, Muhammadiyah memberikan landasan ilmiah dalam menentukan awal Ramadan, yang menjadi pedoman bagi umat Islam yang berada dalam lingkup organisasi ini.

Awal Ramadan menurut PBNU untuk Tahun 2024

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam menentukan awal bulan Ramadan tahun 2024 menunjukkan pendekatan yang berbeda dari Muhammadiyah. Ketua Umum PBNU, K.H. Yahya Cholil Staquf, menyatakan bahwa NU akan melakukan pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadan 1445 Hijriah. PBNU tidak mengkhawatirkan keputusan Muhammadiyah yang telah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah pada 11 Maret 2024.

Menurut K.H. Yahya Cholil Staquf, NU akan mengumumkan awal puasa setelah melihat hilal pada waktunya. PBNU akan mengirim tim pemantau hilal ke berbagai lokasi Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia untuk memastikan penetapan awal puasa berdasarkan pengamatan langsung. Gus Yahya menegaskan bahwa NU menetapkan permulaan bulan berdasarkan Rukyatul Hilal, dan bukan melalui hisab, sehingga keputusan ini akan selaras dengan prinsip pengamatan langsung atas hilal yang menjadi pedoman PBNU dalam penetapan awal Ramadan.

Awal Ramadan 2024 oleh Pemerintah Indonesia

Pemerintah Indonesia juga memiliki pendekatan tersendiri dalam menetapkan awal puasa Ramadan 2024. Melalui sidang isbat yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan Sya'ban, pemerintah akan menetapkan tanggal awal puasa Ramadhan. Berbeda dengan Muhammadiyah, Pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan metode rukyatul hilal, di mana hasil hisab posisi hilal dikonfirmasi dengan pengamatan hilal berdasarkan kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Meskipun Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah pada 11 Maret 2024, perkiraan pemerintah berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024, terbitan Kementerian Agama, menyatakan bahwa awal Ramadan 2024 versi pemerintah dan NU diperkirakan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Dengan demikian, terlihat bahwa pemerintah, Muhammadiyah, dan NU memiliki pendekatan yang berbeda dalam penetapan tanggal awal puasa Ramadan, mencerminkan keragaman dalam penafsiran dan metode penentuan awal bulan suci ini.

Perbandingan Penetapan Awal Puasa Ramadan 2024 dengan Tahun Sebelumnya

Menilik pada penetapan awal puasa Ramadan 2024, dapat ditemui perbandingan yang menarik dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, misalnya, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah pada Sabtu, 2 April 2022. Di sisi lain, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan tanggal awal puasa pada Minggu, 3 April 2022, setelah melalui hasil Sidang Isbat.

Namun, pada tahun 2023, terdapat kesamaan dalam penetapan awal puasa antara Pemerintah dan Muhammadiyah. Keduanya menetapkan bahwa awal Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Seiring dengan itu, mempertimbangkan tren ini, pelaksanaan awal Ramadan 2024 juga dapat memiliki kesamaan dengan tahun sebelumnya, yaitu pada Senin, 11 Maret 2024. Keragaman pendekatan dan hasil penetapan awal Ramadan menunjukkan kompleksitas dalam menentukan momen awal bulan suci tersebut di Indonesia.

entertainment