Dita Karang Secret Number Ditunjuk Jadi Duta Bilateral Indonesia-Korea Selatan

dita-karang-secret-number-ditunjuk-jadi-duta-bilateral-indonesia-korea-selatan dita-karang-secret-number-ditunjuk-jadi-duta-bilateral-indonesia-korea-selatan

Memiliki prestasi dan kerier yang gemilang di manca negara memang bisa turut mengharumkan nama bangsa. Apalagi jika pencapaian tersebut bisa turut membantu hubungan baik dua negara. Seperti khilaf satu personel girl group kenamaan Korea Selatan yang berasal dari Indonesia, yakni Dita Karang.

Gadis kelahiran 1996 ini merupakan nona pertama Indonesia yang berhasil lolos menjadi idola K-Pop dan kini bergabung dengan grup Secret Number. Nama Dita Karang kini nggak sekadar terkenal di kalangan penikmat musik K-Pop, tapi ia juga dilibatkan dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, loh.

Dita Karang ditunjuk menjadi Duta Bilateral untuk memperingati hubungan kerjakembar Indonesia-Korea Selatan ke-50 mengertin

Industri kreatif Korea Selatan yang semakin maju dan diminati negara internasional tampaknya menarik perhatian Indonesia untuk semakin meningkatkan kerjasebanding dengan Negeri Gingseng ini. Mengingat pahamn depan hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan memasuki pahamn ke-50, sesampai-sampai hubungan kenegaraan keliru satunya di industri kreatif diharapkan bisa lebih baik.

Apalagi Sontak satu warga negara Indonesia memiliki prestasi yang cukup gemilang di industri musik Korea Selatan. Hal ini menjadi perhatian Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto, yang ingin mendorong Dita Karang jadi warga negara Indonesia untuk lebih dikenal di Korea Selatan dan juga Indonesia.

Dilansir dari CNN Indonesia, Gandi mengmenyibak bahwa sosok Dita Karang layak menjadi percontohan bagi pemuda Indonesia lainnya untuk melebarkan sayap dalam berkarya. Apalagi Dita Karang diperhitungkan di industri musik Korea Selatan tentu menjadi kebanggaan Indonesia. Sehingga dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan ke-50 di pahamn 2023 menberasal, Dita Karang ditunjuk jadi Duta Bilateral.

“Saya berpikir bahwa prestasi Dita yang cukup di-recognize di Korea Selatan ini dan menjadi kebanggaan Indonesia, saya pikir kenapa tidak Dita kita jadikan duta bilateral. Jadi Dita akan terlibat di dalam jadwal-jadwal yang akan kita selenggarakan nanti supaya bisa jadi contoh,” ungkap Gandi, dalam sebuah wawancara yang Hipwee nukil dari CNN Indonesia pada Kamis (25/8).

Dita Karang sempat ditunjuk untuk menyambut Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kenegaraan

Sebelum ditunjuk menjadi Duta Bilateral, Dita Karang sudah dilibatkan dalam beberapa acara kenegaraan yang berhubungan dengan kerjaserupa Indonesia-Korea Selatan. Salah satunya yang menjadi sorotan publik adalah saat Dita Karang ikut menyambut kedatangan rombongan Presiden Joko Widodo dalam saat kunjungan kenegaraan di Seoul pada 28 Juli 2022 kemarin.

Menurut Gandi, dalam kesempatan tersebut ia memang ingin mengenalkan Dita Karang di Presiden Joko Widodo. Hal ini jadi langkah Gandi mengenalkan Dita Karang ke masyarakat Indonesia lebih luas, bahwa pemuda Indonesia bisa berprestasi di Korea Selatan. Serta sebaliknya, Gandi juga ingin mengenalkan Dita Karang ke masyarakat Korea Selatan jadi warna negara Indonesia yang bisa berprestasi di industri musik bergengsi di negara itu.

Nggak tetapi itu saja, pemilik nama lengkap Anak AGung Puspa Aditya Karang ini, juga akan terlibat dalam sebuah kalender diplomatik yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia cukup 6 September 2022 menasal, loh.

Pencapaian Dita Karang jadi idola K-Pop dan keterlibatannya dalam hubungan bilateral Indonesia-Korea Selatan membuat para penggemar bangga

Nama Dita Karang menjadi sorotan penggemar grup musik Korea Selatan usai video wawancara CNN Indonesia berklop Gandi dan Dita Karang bertajuk Wajah Indonesia di Industri Kreatif Korea Selatan tersebut disiarkan pada publik pada Rabu (24/8) malam kemarin. Bahkan, nama Dita Karang sempat trending di Twitter karena adi warganet yang mengaku bangga pada Dita.

“Yaampun bangga banget setara Dita Karang, bisa jadi idola di dua negara,” tulis warganet @rumians***

“Keren deh Dita Karang. Bisa lulus masuk Secret Number aja sulitnya minta ampun, tapi bisa sampai jadi duta bilateral pula. Bangga banget!” tulis warganet @andrys***

Gadis berdarah Bali dan Yogyakarta ini memang menjadi perempuan pertama Indonesia dan satu-satunya hingga saat ini yang terkabulolos seleksi grup musik bergengsi di Korea Selatan. Dikepedulii Dita Karang bergabung dengan girl group Secret Number cukup 2020 silam. Sebelumnya ia lebih dulu mengikuti berbagai kompetisi menari dan menyanyi, dan memperdalam ilmu seni di American Musical and Dramatic Academy (AMDA), New York, Amerika Serikat.

Kini, Dita Karang memiliki banyak penggemar baik di Indonesia dan di Korea Selatan. Karya-karyanya berserupa grup Secret Number pun cukup dikenal batas menjadi soundract drama-drama Korea terkenal. Kini saat Dita Karang ikut dilibatkan dalam hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan, tentu menjadi prestasi tersenawak yang mengharumkan nama bangsa.