Jenis Penyakit Pada Sistem Reproduksi Pria

gambar tersebut menyebutkan jenis penyakit pada sistem reproduksi pria gambar tersebut menyebutkan jenis penyakit pada sistem reproduksi pria

Jenis Penyakit Pada Sistem Reproduksi Pria

Reproduksi pada laki-laki sama rentannya dengan perempuan, terdapat gangguan kesehatan lainnya seperti sistem tubuh yang lain. Laki-laki pula mempunyai sistem reproduksi yang terletak di luar tubuh serta di dalam tubuh. Organ reproduksi laki- laki yang terletak di luar tubuh meliputi penis, skrotum( kantong zakar), serta testis.

Sebaliknya organ reproduksi laki- laki yang terletak di dalam badan merupakan epididimis, saluran vas deferens, saluran kencing, vesikula seminalis( kantung air sperma), kelenjar prostat, serta kelenjar bulbourethral.

Berikut ini merupakan sebagian penyakit yang dapat melanda sistem reproduksi laki- laki:

  1. Epididimitis

Epididimitis merupakan penyakit yang terjalin akibat infeksi pada epididimis, ialah saluran di dalam skrotum buat mengangkat dan menaruh mani yang dibuat oleh testis. Epididimitis sering terjadi pada usia 19 sampai 35 tahun. Epididimitis bisa menimbulkan buah zakar bengkak serta perih, air sperma yang memiliki darah, perih dikala ingin melakukan buang air kecil serta ejakulasi, dan kendala kesuburan. Kondisi tersebut juga mengakibatkan rasa nyeri pada bagian perut bawah dan pada bagian pinggul.

Jika ingin sembuh dari penyakit ini dapat mengonsumsi obat-obatan yang telah diberikan dokter yang harus dihabiskan jika kamu sudah tidak memiliki gejala, karena agar proses infeksi ini yang terjadi telah selesai. Untuk mengatasi terjadinya penyakit ini dengan beristirahat selama kurang lebih 2 sampai 3 hari dengan posisi alat kemaluan terangkat yang mencegah terjadinya regangan secara berlebihann pada alat kemaluan. Dan bisa mengompres dengan menggunakan air dingin yang dapat mengurangi bengkak dan nyeri.

  1. Orchitis

Orchitis merupakan infeksi pada testis yang umumnya diakibatkan oleh peradangan kuman ataupun virus. Virus gondong juga paling sering dialami pada anak-anak. Sama semacam epididimitis, orchitis pula dapat menimbulkan buah zakar bengkak serta perih. Apabila tidak ditangani, penyakit ini dapat menimbulkan kemandulan serta penyusutan penciptaan hormon testosteron. Faktor ini terjadi akibat sering bergonta ganti pasangan seksual, memiliki pasangan dengan infeksi yang menularkan, mempunyai riwayat gonore. Gejala ini berupa terjadinya pembengkakan pada kedua testis, demam yang tinggi, mual dan muntah muntah, nyeri yang terasa ringan dan berat. Untuk perawatan penyakit orchitis sendiri dengan menggunakan obat antibiotik.

  1. Kendala prostat

Prostat merupakan kelenjar pada sistem reproduksi laki- laki yang membungkus saluran kencing ataupun uretra. Kelenjar ini memproduksi cairan sperma yang berperan buat menyuburkan serta melindungi mani. Kendala pada prostat bisa berbentuk infeksi prostat( prostatitis), pembesaran prostat( BPH), ataupun kanker prostat. Ciri ciri dari penyakit ini yaitu urine yang memiliki bauk tidak sedap, badan terasa pegal-pegal, kesulitan saat ingin buang air kecil, demam, ada darah pada air seni. Pengobatan untuk penyakit ini dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan zinc, memperbanyak untuk mengkonsumsi sayuran, melakukan olahraga yang rutin, menghindari dari minuman berakohol dan minuman yang berkafein, meningkatkan asupan omega-3.

  1. Hipogonadisme

Hipogonadisme pada laki- laki terjalin kala badan tidak menciptakan hormon testosteron yang lumayan. Hormon testesteron yang terjadi pada laki-laki juga memiliki peran penting dalam perkembangan dan pertumbuhan kejantanan pada masa masa pubertas. Pada laki- laki yang sudah berusia, pada gangguan tersebut dapat menyebabkan gangguan reproduksi. Dari keadaan ini bisa menimbulkan penyusutan libido, kendala penciptaan mani serta keguaan pada organ- organ reproduksi, dan infertilitas.

  1. Permasalahan pada penis

Sebagian penyakit yang dapat melanda organ reproduksi laki- laki ini merupakan disfungsi ereksi, kelainan wujud penis, misalnya hipospadia ataupun penis bengkok (penyakit Peyronie), serta kanker penis. Faktor penyebabnya yaitu stres, merokok, mengkonsumsi alkohol secara terus menerus, gangguan pada kesehatan kronis, kurangnya jam tidur pada malam hari. Pria yang berusia 40 sampai 70 tahun memiliki rasio yang meningkat setiap detiknya.

Nah itu adalah penjelasan tentang beberapa gangguan yang terjadi pada laki-laki. Ganguan pada sistem reproduksi beberapa tidak dapat disepelekan dan perlu adanya pengobatan pada saat awal terjadi. Saat kamu mengalami kesulitan saat ingin buang air kecil maka sebaiknya untuk memperiksakan pada dokter yang akan memeriksa kesehatan kamu. Kondisi itu juga termasuk kedalam salah satu gangguan pada prostat.