breaking news New

Makanan Khas Nusantara Indonesia

Pada dasarnya tidak ada satu bentuk tunggal "masakan Indonesia", tetapi lebih kepada, keanekaragaman masakan regional yang dipengaruhi secara lokal oleh Kebudayaan Indonesia serta pengaruh asing. Sepanjang sejarahnya, Indonesia telah terlibat dalam perdagangan dunia berkat lokasi dan sumber daya alamnya. Teknik memasak dan bahan makanan asli Indonesia berkembang dan kemudian dipengaruhi oleh seni kuliner India, Timur Tengah, China, dan akhirnya Eropa. Berikut merupakan makanan khas Nusantara.

1. Sate Padang
Berasal dari Padang, Sumatera Barat, sate ini terkenal dengan bumbunya yang menggugah selera yang berisi rempah-rempah seperti jinten, jahe, lengkuas, dan cabai. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan ditumis hingga aromanya harum. Kemudian sebagian bumbu akan digunakan untuk merendam daging sate dan membuat sausnya. Daging yang direndam kemudian dibakar di atas panggangan arang hingga matang dan disajikan diatas piring beserta ketupat serta saus yang lezat.

2. Gulai Belacan
Gulai Belacan merupakan makanan khas nusantara dari Riau. Belacan merupakan nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan.

3. Gulai Ikan Patin
Makanan khas nusantara dari Jambi ini memiliki keunikan dari cara memasaknya. Cara memasaknya dicampur dengan daging buah durian yang sudah terfermentasi atau biasa disebut tempoyak. Namun terkadang tempoyak bisa digantikan dengan santan.

4. Rawon
Warna hitam kecoklatan rawon berasal dari keluak, buah pohon kepayang. Sebelum dimasak, keluak harus direbus dan diperam dalam abu selama satu bulan. Langkah ini untuk melakukan fermentasi pada racun keluak yang baru dipetik. Selain keluak, bumbu lain yang digunakan adalah jahe, kemiri, kunyit, cabai merah, dan garam. Daging direbus bersama bumbu hingga matang dan sedap kemudian disajikan dengan sepiring nasi hangat. Rasa kacang dalam rawon serta perpaduan gurih bumbu dan daging membuat siapa saja jatuh cinta dengan makanan khas Indonesia yang satu ini.